Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template

8 Revolusi Cinta Tani Guna Kemandirian


Dua tahun yang lalu, mahasiswa IPB (Institut Pertanian Bogor) telah menggelar aksi untuk menyambut hari Tani pada tanggal 24 September 2013. Aksi ini membawa 8 Resolusi Cinta Tani untuk mengembangkan kemandirian bangsa. Kegiatan pertama yang dilakukan adalah long march dari Masjid Istiqlal ke Istana Negara. Ketika berjalan, mereka membawa spanduk sepanjang 15 meter dengan 8 resolusi cinta tani yang diusungnya.

Inilah beberapa hal yang harus diutamakan untuk memperbaiki pertanian Indonesia dalam aksi hari Tani ini. 8 hal tersebut adalah:

  • Melakukan amanat reforma agraria.
  • Mendukung efisiensi pertanian melalui corporate farming.
  • Mendorong perguruan tinggi agar semakin gencar dalam membuat aplikasi inovasi.
  • Menghentikan konversi lahan pertanian menuju industri.
  • Revitalisasi rantai pertanian.
  • Menetapkan rencana untuk pembangunan pertanian yang berkelanjutan.
  • Melakukan kerja sama dengan kebijakan nasional yang berhubungan dengan pertanian.
  • Mensinergikan praktisi, akademisi, swasta, dan pemerintah dalam gerakan nasional pembangunan pertanian.
Berdasarkan aksi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat motivasi tinggi dari mahasiswa Institut Pertanian Bogor untuk selalu mengembangkan pertanian di Indonesia. Terlebih dengan keadaan yang sekarang ini. Lahan pertanian semakin berkurang dan digantikan dengan bangunan-bangunan industri. Padahal kebutuhan pertanian Indonesia semakin meningkat. Hal inilah yang membuat masyarakat Indonesia kemudian mengimpor.

Melalui tema yang diusung pada aksi tersebut, diharapkan beberapa hal agar dapat tercapai. Berikut ini adalah beberapa hal yang diharapkan, antara lain:

  1. Percepatan pembangunan pertanian,
Lahan pertanian yang semakin sedikit membuat kita harus tetap mengembangkan pembangunan pertanian di Indonesia.
  1. Mencapai swasembada,
Bahan pangan menjadi lebih murah dan tidak sulit untuk dicari. Kelangkaan bahan pangan akan menyulitkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan.
  1. Mencukupi kebutuhan pangan,
Pangan adalah kebutuhan pokok yang harus terpenuhi sehingga pertanian Indonesia harus bisa mengimbangi kebutuhan pangan yang semakin meningkat.
  1. Dapat melewati tantangan globalisasi,
Pasar bebas akan terus berkembang sehingga kita tidak boleh kalah dengan produk pertanian luar negeri.

Demikian inilah beberapa informasi mengenai aksi mahasiswa IPB (Institut Pertanian Bogor) yang mengusung 8 resolusi cinta tani untuk mengembangkan kemandirian pertanian Indonesia.

Terima kasih telah membaca artikel tentang 8 Revolusi Cinta Tani Guna Kemandirian di blog turquezzavariedade jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template